Minggu, 25 Maret 2012

***KENAPA HARUS IKHLAS ?***

Ikhlas adalah apabila tujuan seseorang di dalam segala ketaatan dan amalnya murni mendekatkan diri kepada Allah, ingin mendapat ridha-Nya serta perkampungan akhirat, bukan tujuan lain seperti  pamer kepada orang, mencari pujian orang,dan rakus jabatan atau harta.

Ikhlas merupakan syarat diterimanya amal perbuatan. Ilmu dan ibadah tidak akan ada manfaatnya tanpa keikhlasan.

Allah berfirman,” Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya." Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar”. (QS. Az Zumar:3)

Rasulullah bersabda,” Sesungguhnya Allah tidak akan menerima dari amal-amal hamba-Nya kecuali amal yang murni serta mengharap ridha-Nya “ (HR. Baihaki)

ORANG YANG MENJALANKAN IBADAH ADA TIGA (3) :
·         Orang yang beramal karena takut siksa Allah
·         Orang yang beramal karena mengharap pahala
·         Orang yang beramal karena mematuhi perintah Allah dan mengharap ridha Allah. Ini adalah amal yang paling sempurna.
·          
Beramal karena manusia dan mencari kedudukan di tengah masyarakat hukumnya riya’ yang diharamkan. Riya’ adalah perbuatan yang melebur pahala dan menjadi penyebab mendapat murka dan siksa Allah.

 Allah berfirman,” Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna”.(Al Ma’un:4-7)

Dalam hadis juga disebutkan,” Barang siapa yang mencari dunia dengan amal akhirat maka Allah akan membinasakannya dan menghapus sebutannya serta menetapkan namnaya di dalam buku penghuni neraka”. (HR. At-Thabrani)

Fudhail bin Iyadh berkata,” Berbuat karena manusia adalah syirik. Meninggalkan beramal karena manusia adalah riya’ dan ikhlas adalah apabila Allah menyembuhkan kamu dari dua hal tersebut “.

Ya Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang ikhlas............Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar